Rabu, 02 Juli 2014

Singapura, Pasar Properti Paling Transparan Se-Asia


SINGAPURA - Perusahaan konsultan properti JLL menobatkan Singapura sebagai negara pasar properti paling transparan di Asia. Singapura berhasil menyalip Hong Kong yang sebelumnya berada di posisi ini dalam laporan dua tahunan JLL yang berjudul Global Real Estate Transparency Index.

Seperti dikutip dari Property Report, Kamis (3/7/2014), ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan mengapa Singapura menjadi pasar propeti paling transparan di Asia. 

Pertama, berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk mendinginkan pasar propertinya., sehingga mempengaruhi tingkat transparansi pasar.

Kedua, Singapura memiliki fundamental hukum pasar yang baik, dan pajak properti yang rendah. Selain itu, pertumbuhan ekonomi, sorotan media, penghargaan, ekspansi global yang nyata, juga menjadi alasan mengapa Singapura yang dipilih menduduki predikat ini.

Tidak hanya itu, Singapura juga terkenal dengan kemudahan memperoleh data yang spesifik seperti informasi pendaftaran tanah.  Jika di ranking dunia, Singapura berada di posisi 13, disusul dengan Hong Kong diperingkat 14. 

Global Real Estate Transparency Index yang dirilis JLL mendata 100 negara di dunia. Didirikan sejak tahun 1999, tahun ini ada 102 pasar properti di berbagai negara yang disurvei JLL. (okezone.com)